5 Istilah di Email yang Sebaiknya Kamu Ketahui

Istilah di Email

Sering menggunakan email dalam kehidupan sehari - hari? Yakin kamu udah kenal dan tahu banget tentang 5 istilah di email ini? Email merupakan salah satu tools yang digunakan untuk saling berkirim pesan satu sama lain. Melalui Email, kamu bisa menjangkau dan menginformasikan berbagai jenis pesan mulai dari gambar, video, hingga suara dengan mudah. Kamu hanya perlu membuka akun email dan semua yang kamu butuhkan tersedia.

Istilah di Email - SPAM

SPAM merupakan salah satu kategori email yang dianggap tidak berguna dan mengganggu. SPAM buakn merupakan singkatan dari kata apapun. SPAM secara sederhana hanya berupa kategori, sama halnya dengan inbox, outbox, trash, dan lainnya.
SPAM berbeda dengan trash. Trash merupakan email baik penting maupun tidak yang tidak ingin lagi kita simpan. Sedangkan SPAM adalah email yang tidak penting, bahkan kita menganggapnya tidak perlu untuk kita baca.
Bagaimana cara menandai bahwa suatu email adalah SPAM? Provider email yang kita gunakan biasanya sudah memiliki standarisasi sendiri tentang bagaimana email itu dikategorikan sebagai SPAM. Sehingga, terkadang kita juga menemukan beberapa email yang kita perlukan ternyata ada di SPAM.
Hal yang perlu kita tahu adalah bagaimana membuat email tidak dan menjadi SPAM. Jika kita menunggu sebuah email yang seharusnya ada tetapi tidak muncul, kita bisa cek SPAM dan menaikkannya ke inbox. Hal sebaliknya bisa kita lakukan jika kita memiliki email yang tidak penting dan tidak ingin dibaca. Kita tinggal memilih email tersebut dan memindahkannya ke SPAM.

Istilah di Email - BCC

Meskipun kebanyakan masyarakat sudah menggunakan email, namun masih banyak yang masih tidak mengenal istilah BCC. BCC merupakan singkatan dari blind carbon copy. Sesuai dengan istilah tersebut, BCC biasanya digunakan untuk mengirim email kepada lebih dari 1 orang, dimana masing - masing penerima tidak bisa mengetahui penerima lainnya yang menerima email yang sama dari pengirim. Penerima hanya dapat mengetahui informasi pengirim saja.
BCC banyak digunakan untuk menginformasikan status kelulusan lowongan pekerjaan, informasi asuransi, email marketing dan lain sebagainya.

Recall

Recall merupakan salah satu fungsi penting yang ada di email. Recall digunakan untuk menarik kembali email yang sudah terlanjur dikirimkan kepada penerima. Jika penerima belum sempat membuka email yang kita kirimkan, ketika email di recall, dan penerima membukanya, email akan otomatis ditarik sehingga penerima tidak lagi dapat membukanya.
Jika email sudah terlanjur dibuka, maka email sudah tidak bisa ditarik kembali. Namun penerimanya masih bisa mendapatkan informasi bahwa email ini sudah di recall. Hanya informasi atau konten di dalam email itu saja yang tidak bisa ditarik kembali.
Untuk pengirim yang melakukan recall, email server juga akan mengirimkan notifikasi siapa saja yang berhasil di recall dan siapa saja yang tidak. Informasi ini sangat berguna agar kita dapat menginformasikan lebih lanjut kepada pengguna.

Automatic Email

Sesuai dengan namanya, automatic email artinya adalah email yang dikirimkan secara otomatis. Kamu dapat mengirimkan email secara otomatis pada hari, tanggal, dan jam yang kamu tentukan sendiri. Server akan menyimpan email tersebut sampai waktu yang ditentukan untuk kemudian dikirim kepada penerima.
Automatic email biasanya digunakan untuk memberitahukan pengumuman atau informasi tertentu kepada  penerima email secara serentak di waktu yang kita tidak available. Automatic email juga sering digunakan dalam pemberitahuan sakit jika di kantor atau sedang tidak bisa dihubungi untuk sementara waktu.
Selain menentukan hari, tanggal, dan jam, pengirim juga bisa mengirimkan automatic email disaat ada yang mengirimkan email saja sebagai. Istilahnya disebut dengan Automatic Reply.

Archive

Istilah archive juga menjadi salah satu istilah penting di dunia email. Setiap email memiliki kapasitas berbeda. Ketika sudah penuh, penggunanya diharapkan untuk menghapus email atau melakukan archive. Artinya, email disimpan ke sistem penyimpanan lainnya. Bisa di dalam email dan di luar email. Kapasitas yang diberikanpun bisa lebih besar.
Itu dia 5 istilah di email yang wajib banget untuk diketahui agar kamu dapat memaksimalkan penggunaannya dalam berkirim pesan. Mengenali dan memahami istilah - istilah ini sangat membantu aktivitas kamu sehari - hari agar lebih efisien.

Posting Komentar

0 Komentar