Cara Instal MySQL di Laptop dengan Mudah

Cara Instal MySQL - Cover

Apa itu MySQL dan bagaimana cara instal MySQL di laptop? MySQL adalah sistem manajemen database relasi yang bersifat open source. MySQL bisa digunakan untuk mengatur proses penyimpanan database misalnya website, aplikasi komputer, situs blog, guestbook, hingga e-commerce. MySQL bersifat open source sehingga mudah dimodifikasi, digunakan, dan bersifat gratis.

MySQL banyak digunakan oleh para developer program komputer untuk belajar dan juga membangun perangkat lunak. Karena bersifat open source, segala informasi yang berhubungan dengan MySQL dapat ditemukan dengan mudah di internet. 

Mulai dari tutorial penggunaan, query untuk berbagai permasalahan yang ditemui, hingga berbagai model database sebagai bahan referensi. Bagaimana cara instal MySQL di laptop? Berikut panduan langkah - langkah yang bisa kamu ikuti dan aplikasikan langsung. 

  1. MySQL hanya tersedia untuk platform sistem operasi Windows 64-bit saja. Namun masih ada jenis sistem operasi lainnya yang mendukung MySQL. 
  2. Untuk memulai proses instalasi, kamu bisa download dahulu installer MySQL 
  3. Lakukan ekstraksi file yang sudah didownload dan jalankan file instalasi .exe
  4. Tentukan dimana kamu akan menempatkan MySQL dan rename foldernya menjadi mysql. Biasanya dari sistem akan melakukan penyimpanan di C:. Tetapi kamu juga bisa memindahkannya ke Drive D:
    Cara Instal MySQL di Laptop - Setup Drive
  5. Tentukan tipe pengaturan untuk instalasi pertama. Apakah Developer Default, Server Only, atau Custom. Masing - masing tipe pengaturan memiliki privilieges tersendiri
  6. Mulai proses instalasi untuk instance dan produk MySQL dengan melakukan pengaturan konfigurasi. Kamu harus memilih level ketersediaan server instance antara Standalone MySQL server atau InnoDB Cluster. Untuk kamu yang masih dalam tahap belajar bisa memilih standalone MySQL server 
  7. Cek juga requirements untuk tipe pengaturan yang kamu pilih apakah sudah sesuai atau belum. Untuk melihatnya, kamu tinggal memastikan apakah untuk masing - masing requirement yang tertera sudah centang hijau semua
    Cara Instal MySQL di Laptop - Setup Requirements
  8. Selanjutnya akan muncul beberapa langkah instalasi yang bisa kamu ‘Next’ saja karena berhubungan dengan konfirmasi untuk proses instalasi saja. Seperti tempat penyimpanan dan launch
  9. Isi password untuk root account
  10. Tunggu proses instalasi hingga selesai
    Cara Instal MySQL di Laptop - Setup Installation
  11. Klik ‘Finish’ untuk menutup jendela instalasi
    Cara Instal MySQL di Laptop - Setup Complete
Untuk memastikan apakah mysql sudah terinstal sempurna, kamu bisa mencoba menjalankan C:mysqlbinmysqld.exe. Bagaimana?
  1. Masuk ke CMD. Kamu bisa masuk dari Start kemudian ketik CMD dan enter
  2. Lalu ketikkan perintah berikut 'cd mysqlbin' . selanjutnya ketik 'mysqld'. Disini kamu berusaha memanggil server MySQL nya
  3. Selanjutnya kamu bisa mencoba untuk tersambung ke database dengan ketik 'cd mysqlbin' kemudian 'mysql -u root'. Jika muncul welcome message maka berarti kamu sudah berhasil mengakses database mySQL.
Cara Instal MySQL di Laptop - Check Installation

Itu dia cara instal MySQL di laptop. Proses instalasi sudah otomatis dan kamu hanya diminta untuk menentukan beberapa informasi terkait pengaturan dan konfigurasi. MySQL juga dapat diintegrasi dengan berbagai platform pembuatan website seperti Joomla, Wordpress dan OScommerce. Syntax yang digunakan lebih sederhana sehingga mudah untuk dipelajari oleh para pemula di bidang database.

Untuk kamu yang sedang mempelajari VirtualBox dan ingin instal Linux disana, bisa mempelajari tutorial singkatnya di Daily Bedboy.

Posting Komentar

0 Komentar