Cara Menghapus Title Bar di Semua Activity Android Studio

menghapus title bar di android studio

Ketika membuat sebuah project baru di Android Studio, tentunya kamu akan diminta untuk mengisi beberapa form seperti nama project, package project dan dimana letak project itu berada. Setelah di build, secara otomatis pada tampilan layout akan tertulis nama project yang kamu buat tepatnya di Title Bar setiap Activity.

Adanya nama project tersebut memang mengganggu dan memang sebaiknya di hilangkan saja sehingga tampilan Activity menjadi lebih clean dan tampak fullscreen. Untuk menghapus Title Bar di semua Activity yang ada di project aplikasi Android, sangatlah mudah. Ikuti tutorial singkat berikut ini:

Cara Menghapus Title Bar Activity Android Studio

  • Buka Android Studio dan pilih project yang akan di hilangkan Title Bar Activity-nya.
  • Lalu buka styles.xml dan ganti code tersebut dengan dibawah ini:

  • Kemudian ganti android:theme="@style/AppTheme" menjadi android:theme="@style/AppTheme.NoActionBar" pada file AndroidManifest.xml.
  • Maka secara otomatis title bar akan hilang dan tampak fullscreen.
Jika kamu hanya ingin menampilkan title bar di activity tertentu, bisa menaruh android:theme="@style/AppTheme.NoActionBar" di bawah activity yang kamu mau dan di tempatkan di file AndroidManifest.xml. Contohnya bisa dilihat pada codingan di bawah ini:

Jadi cukup menambahkan code style tersebut di setiap activity yang diperlukan saja, tapi bila konsep awal memang tampilannya fullscreen sebaiknya hilangkan semua title bar di activity android agar tampilan menjadi lebih bersih. Ingat pada file styles.xml codingan sebelumnya di ganti dengan codingan di atas, karna ketika kamu hanya meletakkan kode tersebut tanpa menghapusnya terlebih dahulu, pastinya tidak akan berubah.

Kemungkinan juga code ini tidak akan berhasil di semua versi API, jadi katakan versi API mu di kolom komentar jika ini tidak berhasil dan akan saya perbarui cara menghapus Title Bar di semua Activity dalam Android Studio.

Posting Komentar

0 Komentar