Cara Instal Komputer Baru dengan Linux



Mau belajar cara instal komputer baru dengan linux ? Apakah kamu masih familiar dengan sistem operasi linux?

Mungkin untuk kamu yang tidak berkecimpung di dunia IT masih tidak begitu familiar dengan sistem operasi satu ini.

Ya, Linux merupakan sistem operasi yang sifatnya open source? Kenapa? Karena pengguna memiliki akses ke source code atau kernel.

Hal ini tentu berbeda dengan Windows dimana akses pengguna dibatasi. Dengan sifatnya yang seperti ini, kamu juga pasti bisa memperkirakan bahwa desain Linux dan Windows berbeda.

Windows dibuat mudah dimengerti oleh kebanyakan orang secara umum. Bahkan orang yang tidak berkecimpung di dunia IT. Saat kamu yang tidak terbiasa dengan dunia IT, mungkin Linux akan menjadi asing untuk kamu. Pengguna Linux mungkin tidak sebanyak Windows.

Namun kebanyakan pengguna adalah mereka yang terlibat di area IT. Baik itu dalam tahap belajar, pengembang, maupun pakar.

Bukan berarti Linux tidak memiliki fungsi - fungsi penting seperti Windows, Linux juga bisa namun untuk bagian tertentu bisa jadi terbatas, misalnya aplikasi game.

Untuk kamu yang penasaran bagaimana cara instal komputer baru dengan Linux, mari kita simak tutorialnya berikut ini.

Persiapan Cara Instal Komputer Baru dengan Linux 

Untuk tahap awal, kamu harus menentukan terlebih dahulu ingin menggunakan metode apa untuk instal komputer baru dengan Linux. Jika kamu menggunakan CD, kamu harus mempersiapkan CD yang berisi installer official dan asli Linux. Perbedaan Linux dengan Windows adalah installer Linux bisa didapatkan secara gratis.

Jika kamu ingin melakukan instalasi menggunakan flashdisk, kamu bisa mendownload installer versi .iso nya.

Pengaturan BIOS

  1. Tutup semua jendela PC atau laptop kamu dan masukkan CD jika kamu memilih untuk melakukan instalasi dengan CD. Sambungkan Flashdisk jika kamu ingin melakukan proses instalasi dengan menggunakan bootable flashdisk. Pastikan kamu sudah menyimpan file .iso nya di dalam flash disk yang kamu gunakan
  2. Restart PC atau laptop kamu 
  3. Masuk ke Bios dengan menekan F1. Kamu berkemungkinan menekan tombol yang berbeda untuk masuk ke Bios. Ini tergantung dengan PC atau laptop yang kamu gunakan. Biasanya informasi tombol yang bisa ditekan untuk masuk ke Boot dapat dilihat di bagian kiri atau kanan bawah
    Cara Instal Komputer Baru
  4. Masuk ke Boot kemudian pilih metode instalasi yang kamu inginkan. Baik  CD maupun Bootable flashdisk.
  5. Kemudian simpan pengaturan BIOS kamu dan kembali restart PC atau laptop kamu

Mulai Proses Instalasi 

  1. Saat PC atau laptop kamu kembali menyala setelah di restart, sistem komputer akan langsung mendeteksi perintah untuk membaca metode instalasi
  2. Tunggu beberapa saat hingga jendela / menu awal instalasi muncul 
  3. Kamu akan diminta untuk menentukan bahasa yang akan digunakan pada bagian kiri. Kemudian klik ‘Try Xubuntu’ jika kamu ingin melihat dahulu bagaimana bentuk dan efeknya setelah instalasi berhasil dijalankan. Atau jika kamu sudah yakin akan langsung menginstall, kamu bisa klik ‘Install Xubuntu’
    Cara Instal Komputer Baru
  4. Tunggu proses instalasi hingga selesai
  5. Selamat! Kamu sudah bisa menggunakan sistem operasi Linux di komputermu
    Cara Instal Komputer Baru
Mungkin sebagian kamu akan merasa aneh jika kamu sama sekali belum pernah menggunakannya. Banyak tutorial - tutorial penggunaan Linux di dunia maya. Kamu bisa mengikutinya dengan mudah.

Sebenarnya hanya belum terbiasa, jika sudah sering menggunakan kamu akan dengan mudah mengerjakan dan mempelajari berbagai hal di Linux.

Tertarik untuk tahu cara instal Windows 10 dengan bootable flashdisk? Daily Bedboy bisa memandu kamu dengan tutorial yang mudah dan sederhana.

Posting Komentar

0 Komentar