Cara Instal Google Play di Android

Cara Instal Google Play - Cover

Pernah nggak sih kamu iseng - iseng masuk ke file manager dan secara tidak sengaja menghapus file yang penting, Google Play Store. Bingung kan jadinya gimana cara instal google play store di android lagi. Seperti yang kita tahu, google play store itu adalah gudangnya aplikasi untuk Android.

Setiap aplikasi baru yang masuk ke ponsel kamu biasanya datang dari Google Play Store dulu. Tentunya kalo kamu nggak mau repot - repot download apk di internet dan instal manual. Selain banyak virus yang mungkin bertebaran, kamu tidak tahu apakah apk yang kamu download adalah versi terakhir atau bukan.

Permasalahannya adalah, bagaimana jika Google Play Store kamu nggak sengaja hilang atau terhapus? Salah satu cara instal Google Play Store di android yang ingin dibahas disini adalah menggunakan APK, karena ini cara yang paling mudah. Mari kita simak langkah - langkah instalasinya.
  1. Jika biasanya kamu menghindari untuk download apk ketika instal aplikasi baru, untuk Google Play Store yang hilang, download apk jadi solusi paling top. Kamu bisa memilih website mana saja untuk download apk nya. Pastikan website tersebut terpercaya dan aman. Kamu juga bisa menanyakan di forum atau kenalan kamu. Kamu bisa mencoba download di APKmirror
  2. Pilih apk Google Play Store yang memiliki versi paling terakhir agar mendapatkan yang paling terupdate.
    Cara Instal Google Play - Pilih Versi Google Play Store
  3. Jika sudah terdownload, masuk ke file manager dan temukan folder dimana hasil downloadan biasanya masuk. Cari file apk Google Play Store. 
  4. Begitu kamu menemukannya, langsung klik. Akan ada pop up yang muncul, lalu klik ‘Package Installer’ 
  5. Baca syarat dan ketentuan penggunaan serta lisensi kemudian klik ‘Instal’ 
  6. Tunggu proses instalasi hingga selesai. 
  7. Begitu proses instalasi selesai, kamu tinggal temukan ikon Google Play Store di layar ponsel kamu. 
  8. Selamat! Kamu bisa menggunakan Google Play Store kamu sekarang 

Jika selama proses instalasi, saat kamu klik apk pertama kali, ada kemungkinan device kamu tidak mengijinkan proses instalasi dilakukan. Hal ini karena ada pengaturan khusus di Android terkait Security Permission

Jika Unknown Sources diatur disable, ponsel Android kamu tidak akan memperbolehkan aplikasi apapun diinstal di luar Google Play Store. Untuk itu, kamu bisa mengikuti langkah - langkah di bawah ini. 
  1. Masuk ke pengaturan ponsel kamu 
  2. Pilih ‘Security’ 
  3. Pilih ‘Unknown Sources’ dan ceklis box nya. Pop up peringatan akan muncul. Baca baik - baik kemudian klik ‘Ok’. Dengan begitu ponsel sudah memperbolehkan kamu untuk instal apk dari ‘Unknown Sources’ atau sumber selain Google Play Store. 
Untuk kamu yang kesulitan menemukan dimana ‘Unknown Sources’ kamu bisa mencoba mencarinya di Privacy Setting atau Apps Setting. Ini mungkin bisa berbeda tergantung ponsel yang kamu gunakan.

Jika proses instalasi google play store kamu sudah selesai, pastikan untuk mengembalikan pengaturan ‘Unknown Sources’ seperti semula.

Bagaimana? Cukup mudah dan sederhana kan? Kamu nggak usah khawatir lagi jika tiba - tiba kamu tidak sengaja menghilangkan atau menghapus Google Play Store.

Baca juga cara instal free fire di hape buat kamu yang hobi main mobile game.

Posting Komentar

0 Komentar