Tips Cara Instal Ulang Windows 7

cara instal ulang windows 7


Sekarang bukan jamannya lagi instal ulang harus ke counter atau tempat reparasi komputer. Kamu bisa lakukan sendiri di rumah. Dengan berbagai perkembangan teknologi dan aplikasi, cara instal ulang windows 7 pun jadi semakin mudah. Jika dulu kamu harus mengerti sekian proses yang harus dijalani saat instal ulang windows 7, sekarang kamu cuma butuh untuk memahami beberapa klik saja. Simak tipsnya berikut ini.

Ketahui requirement sebelum mempelajari cara instal ulang windows 7

Ada 2 jenis bit untuk laptop yang tersedia. Ada 32 dan 64 bit. Kamu harus tahu dulu, laptop kamu masuk ke dalam kategori yang mana karena 32 tidak bisa diinstal di 64, begitu pula sebaliknya. Selanjutnya, jika kamu ingin instal ulang windows 7 di laptop, kamu harus lihat apakah laptop kamu bisa diinstal melalui CD Drive atau tidak. Jika laptop kamu tidak memiliki slot CD Drive, berarti kamu bisa instal dengan flashdisk bootable.

Ingin simpan file sebelumnya atau hapus total

Perhatikan untuk memutuskan apakah kamu ingin tetap menyimpan file yang masih ada saat ini atau malah ingin menghapus keseluruhannya. Kamu harus memilih salah satunya jika kamu ingin instal ulang Windows 7. Jangan sampai kamu salah pilih dan menghapus semua pekerjaan penting milikmu ya.

Kamu juga harus memperhatikan berkas - berkas yang terdapat di folder selain drive seperti My Documents jika ingin tetap menyimpannya. Karena saat kamu instal ulang windows dan memilih untuk tetap menyimpan berkas, file di ‘Documents’ kamu akan tetap hilang? Kenapa? Karena file itu tidak disimpan di Drive atau hardisk. Jadi silahkan untuk memindahkannya terlebih dahulu.

Gunakan serial number windows yang asli

Pastikan untuk menyimpan serial number windows yang asli ketika kamu ingin instal ulang agar kamu bisa menggunakannya kembali. Untuk mendapatkan update tertentu terkait OS yang kita miliki langsung dari Microsoftnya, kamu harus menggunakan serial number yang asli. Ini untuk menghindari laptop kamu terkena virus dan berbagai threat lainnya yang sering menyerang PC saat kita menjelajahi dunia cyber.

Jika sebelumnya kamu sudah pernah punya. Jangan khawatir, kamu masih tetap bisa menyimpannya dan menggunakannya kembali, berapa kali pun asal masih tetap di PC / laptop yang sama.

Pastikan untuk tidak instal Windows di drive yang sedang digunakan

Biasanya windows akan disimpan di drive C:. Berbagai aplikasi penunjang juga biasanya disimpan di drive tersebut. Hal ini dilakukan untuk membedakannya dengan berkas - berkas biasa lainnya. Kenapa? Karena jika kamu sudah menggunakan suatu drive tertentu untuk menyimpan windows, installer akan otomatis menghapus file apapun yang sudah pernah ada disana. Kecuali kamu sedang menimpa instalan windows dengan instalan windows yang lain.

Download atau beli installer Windows yang asli sebelum memulai cara instal ulang windows 7

Untuk menghindari PC atau laptop kamu terkena virus dan nantinya malah memperlambat kinerjanya, kamu disarankan untuk download melalui situs resmi, atau membeli cd drive windows yang asli. Tidak ada salahnya untuk investasi kecil - kecilan, karena installer bisa digunakan berkali - kali.

Download atau membeli installer bajakan hanya akan memperparah kondisi dan performa laptop kamu. Instal ulang biasanya dilakukan karena adanya kekurangan pada kinerja laptop. Kamu tidak ingin memperburuk kinerjanya dengan instal yang bajakan, kan?

Itu dia tips - tips yang bisa kamu aplikasikan untuk cara instal ulang windows 7. Gampang kan. Kamu tinggal klik klik saja dan ‘cring’, windows sudah siap digunakan. Selanjutnya yang perlu diperhatikan tentu bagaimana tips melakukan instal ulang windows yang baik dan benar. Untuk langkah - langkah tekniknya, kamu bisa lihat disini > 

Posting Komentar

0 Komentar