Cara Instal VirtualBox Terbaru di Windows dan MacOS

Cara instal VirtualBox yang akan dijelaskan disini ialah menggunakan platform MacOS namun tentu saja untuk Windows OS dan Linux dapat juga mengikuti cara ini karena memang cara instal VirtualBox di platform apapun sama saja.

Baiklah sebelum lanjut ke cara instal VirtualBox, mari kita bahas sedikit tentang apa itu VirtualBox dan mengapa menggunakan VirtualBox. Jawaban dari Wikipedia berikut ini, bakal menjawab hal itu:

Oracle VM VirtualBox adalah perangkat lunak virtualisasi, yang dapat digunakan untuk mengeksekusi sistem operasi "tambahan" di dalam sistem operasi "utama". Sebagai contoh, jika seseorang mempunyai sistem operasi MS Windows yang terpasang di komputernya, maka seseorang tersebut dapat pula menjalankan sistem operasi lain yang diinginkan di dalam sistem operasi MS Windows.
Untuk penjelasan sederhananya, mungkin VirtualBox ini adalah suatu software yang membuat laptop atau komputer dapat menjalankan sistem operasi lain. Karena dengan menginstal VirtualBox, kita dapat menginstal sistem operasi Windows, Hackintosh, Android dan semua versi distro linux.

Apabila jawaban tersebut sudah menjawab, selanjutnya mari kita mulai cara instal VirtualBox  di MacOS, Windows dan Linux di bawah ini:

Cara Instal VirtualBox Terbaru di Windows dan MacOS

  1. Download file instalasi VirtualBox di Situs Resmi Virtual Box atau di Filehippo
  2. Setelah terdownload, jalankan file instalasinya. Bila di Mac akan tertampil seperti gambar di bawah ini: 
    Cara instal VirtualBox
  3. Kemudian, klik Ikon VirtualBox.pkg maka akan tampil halaman Permission untuk melanjutkan instalasi, cukup tekan tombol Continue. 
    Cara instal VirtualBox
  4. Lalu installer tersebut akan meminta lokasi penyimpanan, apabila kamu memiliki penyimapanan khusus maka bisa diatur drivenya. Bila telah selesai, klik tombol Install
    Cara instal VirtualBox
  5. Tunggu hingga proses instalasi selesai. 
    Cara instal VirtualBox
  6. Jika sudah selesai maka akan muncul tampilan proses instalasi selesai seperti gambar di bawah ini dan klik tombol Close agar VirtualBox dapat dijalankan. 
    Cara instal VirtualBox
Cara instal VirtualBox

Demikianlah cara instal VirtualBox di platform MacOS, Windows OS maupun Linux OS, untuk selanjutnya nantinya saya akan memberikan tutorial yang banyak mengenai VirtulBox ini. Jadi tunggu artikel berikutnya ya dan apabila anda kesulitan, cukup tinggalkan komentar di bawah ini.

Posting Komentar

0 Komentar