Dapatkan Sertifikat IT Gratis dari Microsoft dengan Microsoft Virtual Academy


MVA atau Microsoft Virtual Academy merupakan salah satu tempat belajar online dimana kamu bisa mendapatkan ilmu tambahan yang berbau IT atau teknologi terbaru yang sedang populer saat ini. Tidak hanya menyediakan tempat belajar online, mereka juga memberikan apresiasi berupa sertifikat resmi dari Microsoft yang berarti sertifikat ini bernilai tinggi. Sertifikat ini sangat bagus untuk melengkapi portofolio saat akan melamar pekerjaan, terlebih lagi bila kamu seorang Mahasiswa yang bergelut di bidang IT nilai sertifikat ini sangatlah membantu.

Karena sertifikat ini dari Microsoft langsung, bukan berarti untuk mendapatkannya harus bisa mahir dan tangkas terlebih dahulu melainkan akan di didik melalui video interaktif yang akan membuat kamu lebih paham tentang apa yang sedang dipelajari, dan bila telah selesai menyelesaikannya maka akan diberikan pertanyaan berdasarkan apa yang sedang dipelajari di setiap selesai menonton pelatihan tersebut.

Dan berikut 2 hal utama yang harus kamu miliki sebelum memulai pelatihan :

  1. Akses internet stabil.
  2. Akun microsoft berupa E-mail (Baca: Cara Mudah Mendapat Email Gratis dari Microsoft).

Do It!

  • Buka browser dan pergi ke http://mva.microsoft.com, bila telah masuk ke portal gulirkan mouse ke pojok kanan atas dan klik link Sign In dan masukan akun serta password microsoft kamu kemudian klik tombol Sign In.

  • Setelah berhasil masuk, kamu akan dimintai untuk mendaftar sebagai pelajar di MVA dengan mengisikan data berupa nama, job function, kenegaraan dan bahasa. Untuk Job Function bisa kamu sesuaikan dengan untuk apa nantinya sertifikat tersebut dan untuk bahasa indonesia masih belum didukung jadi cukup pilih yang inggris saja. Bila telah mengisikan semua tekan tombol Done.
  • Di tahap ini kamu telah berhasil menjadi siswa di MVA, sekarang mulai dengan memilih course dengan klik opsi Courses yang berada di samping kiri atas form pencarian dan pilihlah sesuai dengan apa yang kamu perlukan baik itu berdasarkan topik maupun produk. Namun untuk lebih familiar, ada kalanya mencoba dengan memilih topik For Beginners terlebih dahulu.
  • Di tahap ini saya mencontohkan dengan memilih yang ingin saya geluti seperti courses Introduction to Mobile Development tapi bila kamu memilih yang lain tidak masalah.

    Sticky:
  1. Learning Plan : Menandai untuk mengikuti courses yang nantinya akan dipelajari
  2. Level : Tingkatan materi mulai dari 100-300, singkatnya seperti pemula(100), menengah(200), pro(300).
  • Setelah memilih, ditahap ini nantinya kamu akan menonton video interaktif seputar materi yang telah kamu pilih, jadi pastikan selalu mengikuti setiap apa yang disampaikan.

    Sticky:
  1. Statusbar Complete: Setelah menyelesaikan setiap video, attachment, dan assessment akan diberi tanda centang hijau.
  2. Minimal kesalahan menjawab assessment hanya 4 kali.
  3. Bisa diselesaikan kapan saja yang berarti tidak ada Deadline atau waktu target menyelesaikan assessment.
  4. Nilai benar minimal 4 dari 5 soal. *Jumlah soal tidak hanya 5 di courses lain
  • Terakhir, bila telah 100% Complete langsung pergi ke Dasboard di samping kanan atas form pencarian lalu pilih bagian Courses Completed dan klik icon centang disamping judul courses maka akan tertampil file *.pdf  yang berisi sertifikat penyelesaian pembelajaran dari Microsoft.

What's Next?

Sekarang kamu telah memiliki satu dari beribu sertifikat yang Microsoft berikan, namun tentu belum cukup satu jadi teruslah belajar di MVA dan dapatkan ilmu tentang IT lebih banyak lagi hingga nantinya dapat kamu implementasikan serta titipkan ke orang sekitarmu.

Misalnya coba naik ke level 200 dengan mencoba courses Keamanan di Dunia Berbasis Cloud yang pastinya akan membuat kamu lebih paham akan keamanan di bidang IT menggunakan kompuatasi awan.



Mengalami kesulitan? tuliskan dikolom komentar ;).

Posting Komentar

0 Komentar